Di era pandemi sekarang ini banyak sekali orang yang ingin menjual aset rumah dengan harga jauh dibawah harga pasaran normal. Menjual rumah secara online merupakan salah satu cara yang paling masuk akal.

Tentu kebanyakan kita sudah mengetahui cara jual rumah secara online, yakni dengan memasang iklan di situs-situs properti dan bahkan di marketplace (ini agak sedikit melenceng sih, kecuali untuk rumah baru dari developer perumahan seperti ).

perumahan di sawangan baru, cinere, dekat tol antasari — sawangan

Lantas bagaimana cara jual rumah secara online agar lebih cepat terjual?

Cara Jual Rumah Online

Apapun itu selama konteksnya dalam penjualan online, artinya placement harus tepat dan tidak bisa mengandalkan hanya di satu saluran saja seperti hanya…


Berulangkali Jakarta PSBB, mau rubah nama apa kek, tetap aja intinya PSBB terus, bosan dirumah, mau keluar rumah mikir bisa ketularan. Kapan ya pandemi ini berakhir?. Ini mungkin pemikiran yang banyak bercokol di benak warga Jakarta.

Ada yang sabar dan tetap dirumah saja, ada yang tidak sabar.. jalan-jalan ke Mall, makan di luar, bahkan liburan ke luar kota, pas pulang positif.

Jakarta PSBB Terus!
Photo by on

Pertanyaannya adalah, kenapa Jakarta PSBB terus-terusan? dan jika memang untuk tekan laju penularan kenapa tidak lakukan lockdown total?. Ini juga banyak dicuitkan oleh para netizen sejak beberapa bulan belakangan ini.

Mari kita telusuri kenapa sih Jakarta gak lockdown aja…


Ya, kita semua sedang “terpaksa” untuk beralih ke online. Termasuk bisnis kuliner. Dalam artikel kali ini, kita akan bahas mengenai bagaimana cara bisnis kuliner online di masa pandemi.

Photo by on

Bisnis kuliner tergorolong bisnis retail yang pemasaran dan penjualan dapat dilakuan secara online dan offline. Namun, sejak adanya PSBB maka penjualan offline semakin terbatas dan otomatis penjualan menurun.

Mari kita simak bagaimana cara bisnis kuliner online di masa pandemi sekarang ini.

Sedapnya Bisnis Kuliner Online di Masa Pandemi

Sebelum masa pandemi, sebetulnya memang bisnis retail sedang lesu. Ini terjadi sejak tahun 2017 dan terlebih lagi pada masa pandemi.

Banyak bisnis yang belum siap menghadapi perubahan ini menjadi panik dan…


Mungkin bagi Anda yang baru jualan di Marketplace dan merasa kok sulit ya mendapatkan penjualan, perlu untuk melihat beberapa fakta berikut ini:

Pengguna marketplace ada 15 juta orang per bulan. Cukup banyak? tunggu dulu.

Total Visitors = Total Visit / Page per Visit.

Jumlah seller di Shopee 2.5 juta orang.


Franchise Laundry merupakan bisnis yang menawarkan set manajemen bisnis laundry. Untuk yang ingin bisnis laundry, perlu diketahui ROI dari franchise laundry masih cukup bagus, yakni sekitar 25% sampai 35% per tahun.

Maka tidak heran jika banyak pemilik deposito yang mencairkan dana mereka di Bank untuk mereka putar pada bisnis laundry.

Franchise Laundry Sediakan Banyak Sumber Penghasilan

Kami melihat bahwa franchise laundry mengatasi persaingan dengan set inovasi. Seperti mengadakan layanan yang unik dan spesifik, misal jasa cuci kereta dorong bayi dan sebagainya.

Photo by on

Hal tersebut tentu dapat mendorong penghasilan para franchisor (pengambil paket franchise laundry). …


Entah kapan pandemi ini selesai ..

Hingga saat ini di penghujung tahun 2000, pandemi korona ini belum juga usai. Beberapa pengumuman soal vaksin yang ada membentuk polemik di segala lapisan. Kini, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa PSBB Transisi.

Dampak Ekonomi dari PSBB Transisi

Jika di luar negeri, bahkan hingga lock down pun tidak terlalu berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat karena mereka sudah terbiasa online. Sedangkan di Indonesia, terutama di Jakarta pun masih banyak masyarakat yang menggunakan koneksi internet hanya untuk berhaha-hihi di media sosial.

Inilah fenomena yang ada, kita sedang dihadapi kenyataan bahwa beralih ke jalur online merupakan suatu kebutuhan, bukan sekedar jargon saja.

Saat ini…


Para pebisnis online shop kini dapat semakin mudah dalam mengelola penjualan online mereka. Mulai dari memiliki wesbite toko online, hingga berjualan online di media sosial dengan beberapa halaman facebook misalnya, ini masalah yang sering mau buat pecah kepala para pebisnis rumahan tersebut.

Kebanyakan pelaku bisnis ol shop merupakan ibu-ibu yang memiliki skill untuk menjual, namum minim kemampuan dalam teknologi digital. Namun, dengan ini mereka dapat menghemat waktu, pikiran dan tenaga.

Dashboard Aplikasi Gampang Jualan

Berjualan Online Semakin Mudah dan Serba Otomatis

Misal kita berjualan di sosmed dengan menggunakan beberapa halaman facebook atau FB fans page atau FB Busines Pages.

Biasanya kita harus cek satu per satu apakah ada…


Era pandemi sekarang ini membuat seluruh masyarakat menjadi terbatas pergerakannya. Teringat lagu berjudul “Travelling Without Moving” dari Jamiroquai, maka belanja online menjadi pilihan utama di saat pandemi sekarang ini.

Orang mau keluar serba khawatir, bahkan setelah dibukanya mall tetap saja sepi. Orang menjadi ragu dan khawatir, dan mereka tidak akan membeli.

Fenomena lain untuk pasar tradisional, walaupun kebutuhan pokok tetap saja dicari namun risiko penyebaran masih terus terbukti.

Pejabat Wajib Miliki Kematangan Digital untuk Hadapi Situasi Pandemi

Untuk mengatasi hal ini, memang memerlukan kematangan digital. Tidak hanya bagi para pejabat pemerintah saja, akan tetapi para petinggi perusahaan atau C-Level wajib miliki kematangan digital.

Kita dapat melihat lambatnya organisasi yang…


Jadi kalau di PHK .. gak usah bingung2 pesangon mau buat apa..

  1. Bikin landing page 850rb/tahun
  2. Sebarin ke sosmed, teman-teman, Status WA dan WAG
  3. Ada hasil mulai beriklan (ini kira2 2.5jt per bulan kalau mau scale up)

Notes: yang nomor 3 itu harap tidak diartikan sebagai hasil “Jika ada Hasil mulailah beriklan” artinya jika sudah mulai menghasilkan .. mulai untuk menganggarkan iklan.

Harus ada produk yang dijual .. kalau bisa dropship .. seperti produk:

  1. Bakso frozen

Intinya jadi reseller dropship ..

tanpa modal stok .. untuk produk2 yang emang banyak dibutuhkan orang .. misal: makanan, pakaian, dll.

Untung 5000–10.000 per pcs oke lah .. sehari bisa jual 100 pcs kan lumayan.


Ketika ratusan juta masyarakat di Indonesia lebih menghabiskan waktu mereka mengakses sosial media, youtube, dan searching .. Brand semakin dituntut untuk hadir di seluruh saluran tersebut.

Seperti kita ketahui, merek sosis yang populer diantaranya ialah:

  • Kimbo
  • Fiesta
  • SoGood

Ketiga brand sosis tersebut melakukan digital branding. Dan ini menjadi hal yang menarik untuk diteliti.

Persaingan Branding di Saluran Digital

Ada beberapa parameter awal yang perlu kita ketahui untuk menentukan strategi, skala, target dan yang akan kita lakukan. Seperti:

  1. Buyer persona
  2. Total pengguna di tiap-tiap platform
  3. Bagaimana mendapatkan brand re-call
  4. Bagaimana implementasi inbound marketing
  5. Apa guidelines untuk branded content ?
  6. Bagaimana meningkatkan brand…

Digital Marketing Jakarta

#DigitalMarketing #DevOps #SEM #SMM|

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store